post-image

Forkom Bappeda Ke-XXI Dibuka, Bupati Delis Optimis Dengan Kolaborasi Dan Sinergitas Visi Besar Provinsi Sulteng Dapat Terwujud

Info Publik-Morowali Utara, Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS hadiri Pembukaan Forum Koordinasi Dan Komunikasi Badan Perencanaan Dan Pembangunan Daerah (Forkom Bappeda) Ke-XXI di Gedung Morokoa, Kolonodale pada Senin malam (05/02/2024).
Event tahunan yang diikuti oleh seluruh insan perencanaan pembangunan daerah yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah, pada penyelenggaraan nya tahun 2024 ini mengusung tema "Peningkatan Kualitas Dokumen Perencanaan".
Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 5-7 Februari 2024 ini memiliki berbagai agenda mulai dari mendengarkan Pemaparan Kebijakan Pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2025, Penguatan Kelembagaan dan Kapasitas Pejabat Fungsional Perencana, berbagai Sidang Komisi, sampai dengan kunjungan ke Perusahaan yang ada di Kabupaten Morowali Utara.
Dalam laporan Panitia yang dibacakan oleh Kaban Bappelitbangda Morut Gerzom Tandi, ST, M.Eng kegiatan Forkom ini bertujuan untuk mewujudkan koordinasi, kerjasama, perencanaan serta sinergitas keterpaduan Program-Program antara Provinsi dengan Kabuaten/Kota.
Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan dan mempertahankan perekonomian daerah melalui peningkatan investasi sektor unggulan. Serta melakukan koordinasi pelaksanaan program kegiatan yang bersumber dari dana Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota.
Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Sulteng Dr. Ir. Christina Shandra Tobondo, MT mengatakan untuk meningkatkan kualitas dokumen perencanaan maka hal utama yang harus dilaksanakan adalah meningkatkan kapasitas SDM dari para Perencana.
Oleh sebab itu beliau ingin agar para peserta dapat mengikuti dengan baik materi penguatan kapasitas Perencana yang dipaparkan langsung oleh narasumber dari Bappenas RI yang akan dilaksanakan pada hari kedua.
Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Forkom, Bupati Delis mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta yang baru saja tiba dari berbagai Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulteng.
Beliau mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sulteng melalui Bappeda Provinsi yang selama ini telah membantu sehingga pembangunan infrastruktur jalan Provinsi yang ada di Kabupaten Morowali Utara mendapat alokasi anggaran, sehingga dapat terbangun dengan lancar.
"Marilah kita semua dalam Forkom ini dapat menyamakan persepsi dan gerak langkah kita untuk pembangunan Sulawesi Tengah. Sehingga visi besar yakni Gerak Cepat menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju akan terwujud", ujarnya.
Sebelum dibuka secara resmi, Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Prov. Sulteng Dr. H. Rudi Dewanto , SE , MM mengatkan bahwa Indikator Ekonomi Makro di Sulteng saat ini tengah menunjukan berbagai tren positif.
Hal ini dapat dilhat pada capaian pada tahun 2023 lalu dimana laju pertumbuhan ekonomi di Sulteng sebesar 13%, dan angka kemiskinan ekstrim turun sebesar 1,4%. Sedangkan dalam hal Investasi, Sulteng mencapai angka 111 Trilyun Rupiah yang secara Nasional berada di posisi ke-4.
"Kami berharap kegiatan Forkom ini dapat menjadi salah satu langkah strategis dalam rangka percepatan pembangunan di Provinsi Sulawesi Tengah", ucapnya.
Setelah dibuka secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian "Buku dan Majalah Kinerja Pemprov Sulteng" dilanjutkan dengan pemberian cendera mata dari Kabupaten Morowali Utara. Serta ditutup dengan foto bersama.
Nampak hadir bersama Bupati Delis yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Prov. Sulteng Dr. H. Rudi Dewanto , SE , MM, Kepala Bappeda Provinsi Sulteng Dr. Ir. Christina Shandra Tobondo, MT dan Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijayanto, S.,H., S.I.K., M.H.
Serta dihadiri pula oleh Ketua DPRD Morut yang diwakili oleh Anggota DPRD Morut Yanto Baoli, sejumlah Pejabat Eselon II Lingkup Pemda Morut, para Kaban Bappeda se-Provinsi Sulteng beserta jajaran, Kaban Bappelitbangda Morut Gerzom Tandi, ST, M.Eng beserta jajaran, sejumlah Camat dan Kepala Bank Sulteng Cabang Kolonodale Muh. Halid.
Media Kominfo Morut