Wabup Ikuti Rakor Penguatan Ekonomi se Sulteng, Morut miliki prospek cerah didukung investasi pertambangan

1
Palu. MCDD – Wakil Bupati Morowali Utara (Morut) H. Djira K mengikuti Rapat Koordinasi Perekonomian Provinsi Sulawesi Tengah yang berlangsung di Palu, pekan lalu.
Rakor bertema “Penguatan dan Kemandirian Perekonomian Menuju Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan lebih Maju” diikuti seluruh pimpinan daerah se-Sulawesi Tengah.
Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati H. Djira K, mengemukakan walaupun ikut terdampak dengan pandemi Covid-19, wilayah Kabupaten Morowali Utara tetap memiliki prospek yang cerah terutama yang berhubungan dengan investasi.
Menurut bupati, usaha pertambangan dengan investasi yang cukup besar akan membuka peluang pertumbuhan sektor lainnya.
Pemerintah daerah berkewajiban untuk mendorong agar peluang itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya.
Untuk itu, Pemda Morut memberikan perhatian khusus pada beberapa program, yaitu:
Pertama, menyediakan akses untuk peningkatan keterampilan angkatan kerja yang dapat mengisi peluang kerja tang ada, baik melalui Balai Latihan Kerja (BLK) maupun magang.
Kedua, meningkatkan produksi petani untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pangan pada sektor-sektor lainnya, termasuk untuk membuka peluang pasar produksi pertanian dan perkebunan melalui bantuan modal maupun bapak angkat untuk pemasaran.
Ketiga, menggali potensi dan peluang usaha lainnya antara lain di bidang akomodasi, pariwisata dan lainnya.
Keempat, mendorong perusahaan jasa konstruksi untuk mendapatkan akses pada pekerjaan konstruksi di sektor swasta.
Kelima, membangun dan meningkatkan infrastruktur jalan secara merata untuk meningkatkan akses pemasaran produksi dan distribusi barang.
“Dengan memberikan perhatian pada kelima poin tersebut, diharapkan pemulihan aktivitas perekonomian masyarakat dari dampak pandemi Covid-19 akan memperkuat perekonomian masyarakat, perekonomian daerah dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” jelas bupati.
Rakor yang berlangsung selama dua hari menampilkan sejumlah pemateri dengan fokus utama pemulihan ekonomi. (Ale/Anty)

Leave a comment