Resmi Dimulai, Bupati Morut Promosikan Potensi Pariwisata Teluk Tomori Melalui Lomba Perahu Naga

1
Dengan menggunakan speed boat polisi, Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi ke tengah laut untuk melepas peserta lomba perahu naga di kawasan pelabuhan Kolonodale, Rabu (20/10/2021).
Kegiatan perlombaan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Kabupaten Morowali Utara 23 Oktober 2021.
Acara pembukaan berlangsung di tanggul pelangi yang merupakan salah satu pusat keramaian di ibu kota Morut.
Selain Bupati, hadir pula Ketua TP PKK Morut Ny Febriyanthi DJ Hehi, Wabup H Djira K bersama Istri, Sekda Musda Guntur, para Kepala Dinas dan Kepala Badan di lingkungan Pemda Morut dan undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Bupati Delis mengatakan kegiatan perlombaan dalam rangka HUT Morut kali ini sengaja dipusatkan di perairan Teluk Tomori untuk mempromosikan potensi wisata bahari di teluk ini.
“Teluk Tomori ini sangat indah dan potensial dikembangkan sebagai destinasi utama pariwisata. Ini aset luar biasa,” tegasnya.
Selain itu, perlombaan ini sebagai ajang kompetisi bagi para atlet dayung perahu naga yang cukup banyak peminatnya. Terbukti lomba ini cukup banyak pesertanya.
Kedepan para atlet perahu naga akan terus dibina, apalagi cabang olahraga ini sudah akan diperlombakan di PON bahkan olimpiade.
Ketua Panitia HUT ke-8 Kabupaten Morowali Utara, Yunber Bamba, melaporkan lomba perahu naga ini diikuti 13 tim, termasuk dari luar Morut yakni tim dari Kabupaten Poso dan Kabupaten Banggai.
Seusai acara pembukaan langsung dilanjutkan dengan perlombaan yang merupakan babak penyisihan.
Hasil dari empat race yang dilaksanakan adalah sebagai berikut:
Race (balapan) pertama, juara 1 tim Onepute 2, juara 2 Onepute 1, juara 3 Kabupaten Poso, juara 4 Kabupaten Banggai.
Race kedua, juara 1 Bahontula, juara 2 Korololaki 1, juara 3 Tanauge.
Race ketiga, juara 1 Poso, juara 2 Korololaki 2, juara 3 Banggai.
Race keempat, juara 1 Onepute 2, juara 2 Onepute 1 dan juara 3 Ganda-Ganda.
Menurut Ketua Pelaksana Lomba Perahu Naga, M. Ridho Hamzah, babak final akan dilaksanakan hari Kamis sore (21/10).
Selama kegiatan berlangsung, pihak panitia dan tim gugus Covid-19 terus menghimbau masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan terutama memakai masker dan menjaga jarak.
Para relawan PMI Morut juga membagikan masker kepada pengunjung yang tidak memakai masker. (Ale/Tim)

Leave a comment