Semarakkan HUT ke-8 Morut, Lomba Perahu Naga dan Katinting Berhadiah Rp 40 Juta

1
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Kabupaten Morowali Utara akan disemarakkan dengan berbagai lomba dan pertunjukan yang menarik.
Salah satu jenis lomba yang paling ditunggu adalah lomba perahu naga (dragon boat) dan lomba perahu katinting.
Jenis lomba ini dipusatkan di perairan Teluk Tomori dengan titik start di sekitar tanggul dan pelabuhan Kolonodale.
Untuk kedua jenis lomba ini, pihak panitia menyiapkan hadiah cukup besar total Rp 40 juta.
Ketua Pelaksana Lomba Perahu Naga dan Katinting, Muhammad Ridho Hamzah, S.PI, M.Si, mengatakan berdasarkan pengalaman sebelumnya, lomba ini sangat menarik perhatian bukan saja para atlet tapi juga masyarakat luas.
“Lomba ini sangat menarik, apalagi ditunjang pemandangan Teluk Tomori yang menawan. Ini yang menjadi daya tarik selama ini,” jelasnya saat dihubungi di Kolonodale, Rabu (13/10/2021).
Sekretaris PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Morut itu mengemukakan lomba perahu naga akan berlangsung pada 20-21 Oktober, sedangkan perahu katinting 20-22 Oktober.
Peserta lomba terdiri dari perkumpulan dayung dan masyarakat umum. Khusus lomba perahu naga, panitia menyiapkan perahu, dayung, drum dan kemudi standar PODSI.
Usia pendayung 15 tahun keatas. Setiap tim terdiri dari 16 orang yang terdiri dari pendayung 12 orang, pelatih 1 orang, official 1 orang dan cadangan 2 orang.
Sedangkan lomba katinting dibagi dua kelas yakni kelas 1 terdiri dari mesin Honda GX/FP 5,5 PK, bodi bahan kayu, panjang 7-8 meter.
Kemudian kelas 2 terdiri dari mesin Honda GX/GP 13 PK, bodi bahan kayu, panjang 10-11 meter.
Selain itu, usia peserta 17 tahun keatas, peserta terdiri dari 1 racer di perahu.
Informasi terkait lomba perahu naga dan katinting ini selengkapnya dapat diperoleh di sekretariat panitia di Kantor ULP Setdakab Morut.
“Kalau ingin mendapatkan informasi tambahan terkait lomba ini silakan hubungi kami. Ini ulang tahun daerah kita. Mari kita sukseskan bersama,” kata M. Ridho yang juga menjabat Kabag Pengadaan Barang/Jasa Setdakab Morut. (Ale/Ryo)

Leave a comment