Kapolda Sulteng Berkunjung ke Morut, Bupati Akui Peranan TNI-Polri Cukup Besar dalam Penanggulangan Covid-19.

2
Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Rudy Sufahriadi meminta kepada seluruh jajaran pemerintah, TNI-Polri, tokoh agama dan seluruh masyarakat di Morowali Utara untuk bersama-sama mensukseskan program vaksinasi.
Pelaksanaan vaksinasi ini sudah terbukti berhasil menekan penyebaran Covid-19, bahkan mengurangi angka korban virus yang berbahaya itu.
“Harus bergerak bersama. Jangan bosan-bosan meyakinkan masyarakat agar mau divaksin demi kesehatannya dan kesehatan orang di lingkungannya,” ujarnya.
Hal itu disampaikan Kapolda di depan pejabat Pemda Kabupaten Morowali Utara, dalam acara tatap muka di Ruang Pola Kantor Bupati Morut, Rabu (13/10/2021).
Ini merupakan kunjungan kerja pertama Kapolda Sulteng di Morut sejak dilantik 31 Agustus lalu. Jenderal polisi bintang dua ini disambut Bupati Morut Delis Julkarson Hehi dan pejabat lainnya.
Menurut Kapolda, TNI-Polri sangat concern untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi di tengah masyarakat. Namun hal itu membutuhkan kerjasama dengan semua komponen.
Ia menegaskan, tantangan terbesar kita adalah bagaimana meyakinkan masyarakat tentang manfaat dan dampak buruknya kalau tidak divaksin.
“Tantangan terbesar kita adalah meyakinkan masyarakat agar mau divaksin. Masalahnya masih ada sebagian orang yang tidak percaya adanya Covid-19 dan manfaat vaksinasi,” jelasnya.
Kapolda mengemukakan salah satu cara yang bisa dilaksanakan untuk meyakinkan masyarakat adalah dengan pendekatan budaya dan bahasa yang santun.
Pendekatan budaya seperti ini sangat sesuai dengan kondisi masyarakat kita yang menghormati budaya dan kearifan lokal.
“Selain mensukseskan program vaksinasi tentu saja kita harus tetap mengkampanyekan pentingnya disiplin protokol kesehatan,” jelasnya lagi.
Sebelumnya, Bupati Morut Delis Julkarson Hehi mengemukakan turunnya Morut dari PPKM level 4 ke level 2 saat ini tak lepas dari bantuan aparat TNI-Polri.
“Teman-teman dari TNI-Polri cukup berperan dalam meningkatkan disiplin pelaksanaan prokes dan vaksinasi di masyarakat,” jelasnya.
Pada awal pertemuan itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Morut Adipurwanto Pribadi, S.Sos, M Kes, mempresentasikan perkembangan penanganan Covid-19 di Morut hingga saat ini.
Penanganan Covid-19 ini cukup banyak kemajuan hingga bisa turun di level 2 saat ini. (Ale/Ryo)

Leave a comment